Saturday 3 March 2012

RI-Jepang Bantu Pertanian Palestina


JAKARTA - Indonesia, Palestina dan Jepang terus memperkuat kerja sama trilateral untuk memberikan pelatihan bagi petugas Pemerintah Palestina. Kerja sama ini dilakukan untuk beberapa bidang kerja sama.


Pada saat delegasi Palestina mengunjungi Indonesia pada bulan Juli tahun lalu, Indonesia, Palestina dan Jepang telah menetapkan tiga bidang kerja sama trilateral. Tiga bidang itu termasuk pertanian, kesehatan serta usaha kecil dan menengah. 



Sebagai tindak lanjut penetapan tersebut, maka pelatihan ini diselenggarakan di Indonesia. Sejak 20 Februari hingga 2 Maret, diselenggarakan pelatihan produksi buah bagi petugas Pemerintahan Palestina, di Indonesia.


Dari Palestina 12 orang dari pihak terkait seperti Kementerian Pertanian, berkunjung untuk pelatihan ini dan mereka mengikuti pelatihan selama dua pekan di Indonesia. 


"Pelatihan tersebut terdiri dari teknik pengawasan pertanian untuk buah-buahan seperti alpukat, mangga, jambu batu, penanganan wabah penyakit hama, pemeriksaan kematangan, proses setelah panen, marketing dan lain-lain," pernyataan Kedutaan Besar Jepang dalam keterangan pers yang diterimaokezone, Jumat (2/3/2012).


Para peserta yang telah mengikuti pelatihan, muncul pendapat yang mengatakan keinginan untuk menerapkan hasil yang didapat pada pelatihan dengan menyesuaikannya dengan iklim di Palestina. 


Pelatihan kali ini merupakan salah satu pelatihan yang sangat penting di antara pelatihan yang telah diikuti selama ini. Pelatihan ini diselenggarakan dengan skema pelatihan JICA terhadap negara ketiga dengan penyelenggara bersama pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang.
(faj)okezone.com

Author:

0 comments: